Bahasa Indonesia Tembus Harvard: Peningkatan dan Pengakuan Internasional

Bahasa Indonesia semakin menjadi perhatian masyarakat global dengan adanya informasi terkait pengembangan program pemelajaran bahasa Indonesia di Universitas Harvard. Pada tahun 2015, Harvard telah menyepakati mengenai kerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Amerika Serikat untuk memperkuat pendidikan dan penelitian tentang kebudayaan Indonesia di program perkuliahan. Salah satu hal yang dicanangkan yaitu dengan memperkenalkan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang diajarkan di kampus untuk mahasiswa di tiap fakultas.

Saat ini, program bahasa Indonesia yang ditawarkan oleh anggota Ivy League ini adalah kursus dan kegiatan di luar kelas, seperti kursus tiga tingkat yang berbeda dengan dosen yang berpengalaman dalam pengajaran BIPA dan program intensif selama musim panas yang menawarkan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin memperdalam pemahaman mereka mengenai bahasa dan budaya yang ada di Indonesia. Selain program bahasa Indonesia, program ini juga menawarkan berbagai macam kegiatan di luar kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang budaya Indonesia dan mendorong mehasiswa untuk terlibat secara aktif dengan masyarakat Indonesia. Kegiatan tersebut mencakup kunjungan ke Indonesia, bertemu secara langsung dengan orang Indonesia, serta partisipasi dalam acara-acara yang diadakan oleh kampus terkait budaya di Indonesia.

Sebagai bahasa yang semakin diakui di Harvard, bahasa Indonesia juga menjadi salah satu bahasa yang diakui secara resmi oleh universitas-universitas lain di luar negeri dengan menghadirkan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang ditawarkan. Adapun universitas yang menawarkan kursus bahasa Indonesia, yaitu University of California, University of Michigan, University of Wisconsin-Madison, University of Cornell, University of Washington, National University of Singapore, University of Leiden, University of Melbourne, dan masih banyak kampus lainnya.

Untuk mendukung program penginternasionalan bahasa Indonesia Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo terus berupaya untuk meningkatkan program ke-BIPA-an, seperti dengan melaksanakan kegiatan Pelatihan Pengajaran BIPA yang dihadiri oleh 20 pengajar BIPA mandiri, dosen Bahasa Indonesia, dosen Bahasa Inggris, dan duta bahasa. Kegiatan yang dilaksanakan pada 28—30 Maret 2023 menghadirkan para pakar dan praktisi pengajaran BIPA, yaitu Dr. Dwi Puspitorini, S.S., M.Hum, Dr. Ari Kusmiatun, S.S., M.Hum, Rahmi Yulia Ningsih, S.Pd.  M.Pd, Rahmatan Idul, S.S., M.A, dan Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd. Selain mengajarkan kepada peserta Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing, narasumber juga menyampaikan materi tentang Pengajaran BIPA Berbasis Teks, Silabus Pengajaran BIPA, Pemanfaatan Teknologi dalam Pengajaran BIPA, Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Lokal, serta Evaluasi dalam Pengajaran BIPA. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta dalam pengajaran BIPA dan pengaplikasian kurikulum BIPA ini mengarapkan agar Peserta mampu mengaplikasikan kurikulum dan bahan ajar BIPA dalam pengajaran di kelas BIPA serta dalam pengembangan bahan ajar BIPA terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.