Siaran Pers: Sidang Komisi Bahasa Daerah Minahasa Dialek Jaton

Sidang Komisi Bahasa Daerah Minahasa Dialek Jaton

Siaran Pers
Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Sidang Komisi Bahasa Daerah Minahasa dialek Jaton merupakan tahapan yang dilakukan guna melakukan validasi dari hasil kosakata dan pengayaan-pengayaan kosakata bahasa Indonesia hasil inventarisasi kosakata bahasa daerah dan Lokakarya Kosakata Bahasa Daerah yang dilaksanakan pada 13—15 September 2023 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gorontalo. Kegiatan ini hanya melibatkan editor KBBI Kantor Bahasa Provinsi Gorotalo, Redaktur KBBI Badan Bahasa, dan Narasymber lokal yang membantu mempertajam pendefinisian tiap entri, berbeda dengan LKBD yang memerlukan banyak pihak terutama narasumber pengguna bahasa terkait. LKBD melibatkan peneliti, penyuluh, ahli bahasa dari perguruan tinggi setempat, dan para pekamus bahasa daerah. Editor KBBI di UPT atau analis kata bertugas sebagai penyunting usulan berdasarkan masukan dari para peserta lokakarya dan para narasumber. Kegiatan ini patut untuk dilakukan secara berkala dan berkesinambungan secara sistematis agar dapat diperoleh kosakata yang berkualitas sebagai usulan di KBBI. Sidang Komisi Bahasa Daerah (SKBD) bertujuan memeriksa dan memberi umpan balik atas hasil verifikasi kosakata hasil inventarisasi dalam lokakarya kosakata hasil dari Inventarisasi dan Lokakarya Kosakata Bahasa Daerah (LKBD).

SKBD merupakan rangkaian terakhir dari proses pengusulan kosakata bahasa daerah menjadi warga KBBI. Keluaran dari kegiatan ini adalah daftar usulan entri ke KBBI dan senarai calon istilah sebagai alternatif padanan istilah asing ke dalam bahasa Indonesia. Peserta SKBD adalah analis kata atau tim kosakata dari UPT dan tim redaksi KBBI dari Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk diskusi kelompok terpumpun (DKT) yang dilaksanakan di UPT masing-masing. Daftar hasil DKT diinput melalui aplikasi khusus dalam format excel yang sudah dilengkapi dengan formula tertentu yang disebut Aplikasi Kompilasi Kamus (AKK). Selain diusulkan melalui templat yang telah disediakan, hasil SKBD langsung sebagai cadangan. Untuk keperluan input usulan kosakata yang sangat banyak itu, Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo dapat menggunakan sumber mancadaya dari mahasiswa atau mahasiswa yang sedang melakukan magang. Pada tahap ini pembahasan usulan entri per entri dilakukan oleh editor dan redaktur KBBI langsung dibantu oleh editor KBBI.

Konsep Sidang Komisi Bahasa Daerah (Bahasa Minahasa Dialek Jaton)

SKBD menggunakan konsep Diskusi Kelompok Terpumpun dengan membagi total pembahas dan narasumber kedalam 2 kelompok yang dipimpin oleh editor KBBI Provinsi Gorontalo. Pembahas akan bertugas membantu narasumber dalam menjelaskan data yang kurang lengkap secara aturan pendefinisian KBBI V dan membuat contoh kalimat serta pelafalan. Hasil dari SKBD yaitu 2 produk kodifikasi bahasa, antara lain senarai usulan 500 kosakata bahasa Minahasa dialek Jaton dan 1 produk kamus budaya bahasa Minahasa dialek Jaton.

Hasil Sidang Komisi Bahasa Daerah

Sidang Komisi Bahasa Daerah, bahasa Minahasa dialek Jawa Tondano dilaksanakan pada 13—15 September 2023 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gorontalo dengan dihadiri oleh narasumber lokal dan 3 orang pembahas yang bertujuan membantu editor KBBI Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo dalam mempertajam penjelasan definisi kepada validator data usulan, dalam hal ini dilakukan oleh 2 redaktur KBBI Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Bahasa, Dina Alfianti dan Fani Kusumawardani. Selama 3 hari pelaksanaan SKBD bahasa Minahasa dialek Jawa Tondano telah menvalidasi sebanyak 500 entri hasil verifikasi dari Lokakarya Kosakata Bahasa Daerah (LKBD) dengan perincian 120 entri ditolak dan 380 entri lolos validasi untuk diusulkan ke KBBI melalui AKK. Sebagai salah satu tindak lanjut untuk mengatasi 120 entri yang ditolak dalam SKBD, anggota sidang komisi yang dalam hal ini dihadiri oleh editor KBBI Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, narasumber lokal, dan pembahas bersepakat membagi kekurangan data dari entri yang ditolak hingga tenggat waktu yang telah ditentukan, sehingga akan terdapat entri baru untuk melengkapinya

Humas Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kantorbahasagorontalo.kemdikbud.go.id
Twitter: @KantorBahasaGorontalo
Instagram: @kantorbahasa_gorontalo
Facebook: Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo
Youtube: Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo

#MerdekaBelajar
#BanggaBerbahasaDaerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.